Pemeliharaan Induk Bunting dan Menyusui

Kapan Induk kelinci bunting atau melahirkan ? yang perlu diperhatikan yaitu kapan kelinci kawin, maka pada saat kawin catat tanggal kawinnya. Dengan dicatatnya tanggal kawin akan diketahui rencana kelinci melahirkan. Usia kehamilan kelinci 28 - 35 hari.

Apa aja yang disiapkan sebelum Induk kelinci melahirkan :
  1. Usia kebuntingan 27 - 28 hari , induk kelinci harus diisolasi pada kandang tersendiri supaya betina terhindar dari kejaran pejantan. Hal ini Induk betina akan merasa nyaman dan aman waktu melahirkan
  2. Sediakan kotak melahirkan dengan jerami atau rumput kering yang akan digunakan sebagai alas untuk melahirkan. Kelinci juga akan mencabuti bulunya untuk menghangatkan anaknya pada waktu lahir.
  3. Makanan dan minuman harus mencukupi dan bergizi. Kesediaan makan dan minum 2 kali porsi sebelum hamil.
Kotak kelahiran sangat dibutuhkan bagi kelinci yang melahirkan,hal ini berfungsi untuk :
  1. Melindungi bayi kelinci dari serangan predator atau tikus
  2. Tempat menghangatkan bayi kelinci dan tempat untuk menyusui induk kelinci selama 3 minggu
  3. Mencegah anak kelinci keluar dari kotak sebelum waktunya.
Hal yang sangat diperhatikan yaitu pada waktu induk kelinci menyusui anaknya yaitu kebutuhan makan dan minum yang cukup dan memadai. Untuk pelet kebutuhan perharinya 150 gram/hari selain rumput juga dibutuhkan. Deangan pakan dan minum yang cukup maka produksi air susu juga mencukupi untuk anak- anak kelinci.

Anak kelinci sebelum umur satu minggu sangat rentan terhadap perubahan cuaca. Hindari kena angin. Hindari makanan hijauan terlalu banyak , karena dapat mengakibatkan diare.

Usia sapih anak kelinci yaitu usia 2 bulan, dimana kebutuhan makanan pelet usia 2 bulan 100 gram/hari, hal ini bisa kurang bila diselingi dengan rumput .

0 komentar:

Posting Komentar