Membuat kandang parkit

Budidaya parkit dapat dimulai dengan ukuran kandang minimal 100x100x150 (cm) diisi calon induk sebanyak 6 - 15 pasang dan dengan ukuran Maksimal 250 x 250 x 200 (cm) diisi calon induk sebanyak 50 pasang. Anda tidak perlu berfikir ukuran kandang yang besar dapat menambah tingkat reproduksi lebih tinggi ataupun kebebasan baginya, namun dalam prakteknya ternyata ukuran kandang yang lebih besar justru menambah tingkat stres karena ketika burung mendengar suara yang membuatnya terkaget ternak menjadi kebingungan sehingga saling berterbangan.
Namun sebelum anda membuat kandang hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

Syarat-syarat kandang :


  • Kandang mendapat sinar matahari pada jam 6-10 pagi dan siangnya terlindung dari sinar matahari.
  • Kandang tidak boleh ditempatkan di samping hewan peliharaan lain seperti ayam kambing anjing dan lain sebagainya .
  • jauh dari keramaian
  • suhu udara kandang tidak boleh kurang dari 15 derajat celcius dan tidak boleh lebih dari 25 derajat celcius
  • Kandang diusahakan dekat dengan rumah agar memudahkan pengamatan.
  • jauh dari kebisingan.
  • kecepatan angin tidak boleh lebih dari 36 km/jam
  • Kandang harus dipastikan aman api hewan pengganggu lainya, misalnya : tikus, kucing, kecoa, semut, dan lain lain.
  • Kandang harus dipastikan tidak ada lubang yang menyebabkan burung kabur.

Model kandang

Model kandang setidaknya ada 3 model kandang sesuai kegunaanya yang dapat anda jadikan referensi pembuatan kandang, setiap model kandang memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun itu tergantung pemikiran anda dan tebal dompet anda.
Adapun model itu sebagai berikut.

Kandang model battery biasa

model biasa

kandang model ini dibuat memanjang dan terdiri dari beberapa ruang kandang dengan ukuran yang ditentukan, lantainya dapat dibuat dari cor semen, model ini memiliki kelebihan pada lantainya yang terbuat dari semen sehingga dapat menyerap panas dari dasar ( tanah ) , tetapi model ini juga mempunyai kekurangan ketika di musim penghujan temperatur udara kandang relatif dingin dan ternak dapat dengan mudah terkena penyakit pencernaan.

Kandang model battery panggung

model panggung

Untuk menyiasati kekurangan dari model kandang diatas maka dari itu dibuatlah kandang model ini. Model ini sama dengan model battery biasa hanya saja bedanya kandang ini dibuat berpanggung , kandang model ini lebih baik daripada kandang model battery biasa sehingga di waktu musim penghujan ternak tidak mudah terserang penyakit dan suhu udara relatif stabil.

Kandang model incubator

model incubator

Sesuai namanya kandang model ini hanya digunakan untuk mengoven anakan parkit di waktu malam yang diambil dari kandang indukan agar tidak kedinginan. Model ini dapat dibuat dari kayu atau besi dengan ukuran 100 cm x 60 cm x 60 cm dengan tinggi kaki 20 cm, setiap sisinya dibuat dari kawat ram dan diberi bolam 50 WAT sebanyak 2 buah. Kandang juga dibuatkan penutup dari kain atau karung agar lebih hangat.





catatan :

Untuk membuat kandang parkit usahakan memilih bahan-bahan yang mudah menyerap panas, misalnya : untuk atapnya sebaiknya menggunakan genteng, kayu untuk penyangga, dan lain lain.

1 komentar:

ACHMAD SURYANA mengatakan...

akndang harus ada pintunya wkwkwkwk

Poskan Komentar